Saturday, January 28, 2012

About L'Arc Coming to Indonesia, Should I be happy or Sad?


Only God knows how much I love L'Arc-en-Ciel for this past 10 years...

Sejak tahun 2008 pas L'Arc ngumumin kalo mereka akan worldtour di thn 2012, gw sudah menetapkan tujuan hidup: nonton konser L'Arc di luar negri. L'Arc ga perlu dtg ke Indonesia, gw yg akan mengejar mereka, gw juga ga akan sanggup untuk nonton ke Jpn, jadi gw pikir gw akan nonton yg terdekat di Shanghai. Setelah pulang dari China tahun lalu, gw makin bulat untuk pergi ke Shanghai, kota terbesar di China yg belum sempat gw kunjungi tahun lalu. Namun apa daya setelah ada pengumuman resmi tgl konser di Shanghai, harga tiketnya mahal, PP sekitar 3,5 juta.

Akhirnya, Hong Kong yg gw pilih. Negara Special Administrative ini berkesan banget buat gw, pas tahun 2010 gw kesana, gw berjanji dalam hati bahwa suatu hari gw akan balik lagi ke HK. Alangkah senangnya, saat pembelian tiket konser L'Arc online, semua berjalan lancar, cuma lama di pilih-pilih seat, pembayaran 15 detik selesai dan tiket langsung bisa di print. Gw jadinya pergi dengan Arin, kouhai gw pas kuliah. Sayangnya teman dekat gw yg sama-sama diehard fans L'Arc, ga bisa ikut, karena dia domisilinya di Makassar sehingga harus keluar uang jauh lbh banyak lagi untuk beli tiket ke Jkt.

Yang akan pergi ke HK bulan depan jadinya bertambah, ada 2 orang temen kantor yg pengen ikut jalan-jalan, mereka sih ga ikut nonton konser. Jadi total perjalanan kami nantinya 6 hari, kami juga akan jalan-jalan ke SG dan Macau, rencana perjalanan tentunya akan meliputi Disneyland HK, Madame Tussaud, The Peak, Victoria Park, The Venetian Macau, Ruins of St Paul, dll. Kali ini akan jauh lebih puas dibanding perjalanan SG-HK-Macau yg cuma 3 hari di awal thn 2010.

Lalu tiba-tiba 2 minggu lalu muncul rumor L'Arc bakal konser di SG. Rumor ini kemungkinan besar valid karena sudah pasang iklan di koran besar di SG. Ada perasaan gendok di dalam hati gw. Ga sedikit uang yg akan gw spend disini. Kenapa sih dadakan? Karena semua tempat konser L'Arc di seluruh dunia sudah diumumkan dari tahun lalu, bahkan untuk konser bulan Mei 2012 di Seoul serta bulan April di NY tiket sudah dijual! Tapi gw pikir yasudahlah, toh dari awal gw ke HK juga emang pengen sekalian main, bukan cuma nonton konser. Teman gw di Makassar, Sana, pun langsung bersemangat untuk nonton di SG karena dari segi biaya lebih terjangkau..

Kami berdua wondering apakah L'Arc akan dtg ke Indonesia. Tapi kami pikir JANGAN datang kesini, L'Arc! Gw ga yakin dengan promotor di Indonesia. Gw takut L'Arc kecewa, karena standar konser di Indo pastinya tidak sama dengan Jepang. Gw juga ga yakin dengan kestabilan keamanan serta politik di negara ini yang gampang sekali berubah. Gw juga gak mau mimpi gw menonton konser L'Arc dengan standar yg selama ini gw tonton di DVD yaitu di Dome, Yokohama Arena, Ajinomoto Stadium, dll hancurrrr dengan standar pas-pasan di Indonesia. Terlebih lagi dari itu semua, gw takut gw kecewa karena kualitas konser tidak seperti yg gw harapkan.

Lalu terdengarlah, rumor konser di Indonesia minggu lalu. Saking seringnya Hoax seperti ini menyebar sejak worldtour 2005, gw sih udah skeptical banget. Walau, rumor ini dtg via Nissa, yg dapet info dari insider, yaitu teman yg kerja di Sony Music Indonesia, yg reputasinya sangat bisa dipercaya. Dan lalu terjadilah, hari Kamis tgl 26 Januari 2012, updating di website worldtour official L'Arc: Tertulis: JAKARTA, LAPANGAN D SENAYAN, OUTDOOR FIELD, 2 MEI 2012.

Semua bagaikan cerita pembangunan candi Prambanan yg harus selesai dlm satu malam. Kamis website worldtour L'Arc dengan pencantuman nama Jakarta diupdate, Jumat tiket dijual, Sabtu tiket dijual tahap II, dan langsung habis...

Gw, karena sedang meeting waktu hari Jumat tgl 27 Januari 2012, di hari Ulang Tahun gw yg ke-27, akhirnya cuma bisa beli tiket Premium. Jenis tiket yg sama juga gw belikan untuk Sana, teman gw yg sama-sama diehard fans L'Arc. Sesungguhnya kami berdua sama-sama rela mengeluarkan uang berapa saja untuk konser ini, ya, tiket VIP tentunya kami pengen dapet. Gw sih minta maaf ke Sana karena gak dapet tiket VIP, tapi Sana bilang ga masalah, yg penting bisa nonton konser L'Arc. Gw terharu... Gw inget diri gw sendiri bulan November kemarin pas nyari seat enak di ticketing HK. Setelah frustasi 2 jam ga dpt seat yg gw pengen, akhirnya gw cuma mikir, tempatin gw duduk dimana aja terserah, gw bayar harga tiketnya harga berapapun, yg penting gw bisa nonton konser! Yang penting gw bisa denger music L'ArcI! Yang penting gw bisa denger suara Hyde, dan melihat dan mendengar L'Arc in flesh & live with my own eyes.

Teman-teman membanjiri gw dengan informasi, bahkan teman yg sama sekali ga ngefans Jejepangan. Gw terharu dengan perhatian mereka, Namun, semakin diberi informasi, gw semakin sedih. Terutama dengan venue. Lapangan D Senayan ini kabarnya kapasitas 40.000 orang standing tanpa disediakan kursi, dan outdoor. Padahal di Jepang, L'Arc selalu menyediakan kursi untuk penonton, supaya tertib. Di Jkt ini juga adalah satu2nya venue outdoor dari semua venue L'Arc di seluruh dunia di rangkaian konser 2012 ini (sampai detik ini). Bagaimana kalau hujan? Waktu konser 20th Anniversary di Ajinomoto Stadium kemarin aja suaranya pecah, gw baca di report konser fans yg sudah bbrp kali dtg ke konser L'Arc di Jepang. Lalu, Lapangan D adalah lapangan tanah merah berumput, yg juga sering dipake buat Pensi anak SMA.. Oh Gosh...

Tetsu yg perfeksionis itu akan mikir apaaa..

Indonesiaku tercinta, tapi kadang ga tercinta juga disaat kaya gini...

Tentang ticketing online rajakarcis, sama sekali tidak memuaskan. Sudah 24 jam, pembayaran statusnya masih 'waiting paid' dan tiket belum bisa diprint, padahal uang sudah ditransfer. Sangat jauh dengan kualitas ticketing di HK, 15 detik setelah pembayaran dengan kartu kredit, gw langsung bisa print tiketnya. What The F banget deh ini ticketingnya..

Arin langsung menolak pas gw tawari mau beli tiket ato ngga. Dia kecewa dengan konser Dahboard di venue yang sama, yg audionya pecah. Dia kapok tidak mau lagi nonton konser outdoor di Indonesia. Dear God, oh pleeeaseeee...

Promotor tidak bisa menyewa venue yg lebih "naik kelas" (kalo pinjem istilah Nissa) karena harga tiket sudah ditetapkan oleh manajemen L'Arc. Di seluruh dunia harga tiket termahal ya 1,2 juta, termasuk tiket A Class (semacam VIP disini) yg gw beli di HK.

Gw akhirnya merasakan semacam rasa lega, gw sudah beli tiket konser di HK untuk 3 Maret 2012 ini. Nama venuenya Hong Kong World Expo, yg merupakan venue expo indoor terbesar di Asia setelah Shanghai World Expo. Kapasitas 14.000 penonton, disediakan kursi. Tanpa bermaksud sombong, ato menyepelekan fans di Indo yg ga nonton konser di LN... Gw yakin kalo ada uang dan kesempatan, semua diehard fans L'Arc pasti inginnya nonton di LN minimal, kalo bukan di Jepang.. Gw sendiri kalo banyak duit, ingin menonton semua konser L'Arc, following them all over the world..

Gw udah tau klo L'Arc konser disini jangan harap standarnya kaya di Jpn. Gw sadar banget. Gw cuma berharap konsernya lancar, walo desak2an dan ga rapih krn ga pake kursi, gw harap ga ada kerusuhan dan tetap tertib. Gw harap gw & fans yg udah nunggu2 L'Arc ga kecewa dengan kualitas konser terutama audionya. Gw harap L'Arc juga ga kecewa dan kapok untuk dtg kembali ke Indonesia. Gw menunggu saat nanti dirilis DVD documentarynya konser worldtour 2012 ini, akan ditampilkan juga salahsatunya documentary selama konser di Jakarta, Indonesia.

Gw akan menunggu Hyde berkata:"Jakarta, apa kabar?"




3 comments:

  1. wiwin, gw sedih banget krn gw ga lg di indo skrg dan larc malah ke sana, yaudah deh belom jodoh pasrah banget gw T-----T

    ReplyDelete
  2. ten kamu lagi dimana? di jepang ya? kamu nonton yang di jepang ajaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  3. semua terjadi serba cepat..gw aja sampe ga percaya ahaha
    pdhl gw rela bayar smp 2jt supaya bs dapet nonton konser laruku di tempat yg enakan..tp yaaa..gw tetap bersyukur akhirnya bisa beli tiket mrk..dimanapun akan perform...
    harapan gw cuma 1...jgn sampe batal..itu aja T.T

    ReplyDelete